Sabtu, 18 Desember 2010

Apa itu akuntansi ?

Hay guys, bagi lo yang bru belajar akuntansi jangan pusing..
Akuntansi menyenangkan banget kalockita belajar  pake perasaan. ( Yang gak punya perasaan gimana?hahah, kelaut aja deh.. hahah, JK)
Oke, to the point aja dah.. 
Definisi akuntansi dapat dirumuskan dari dua sudut pandang.
1. Definisi dari sudut pemakai
    Akuntansi adalah suatu displin yang menyediakan informasi yg diperlukan untuk melaksankan kegiatan  secara efisien dan mengevaluasi kegiatan- kegiatan suatu organisasi.
2. Definisi dari sudut proses kegiatan
    Akuntansi adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan, dan penganalisisan data keuangan suatu organisasi.

Bidang- Bidang Akuntansi :
1. Akuntansi Publik
    Pemeriksaan laporan keuangan ( Auditing ) adalah bidang pekerjaan profesi paling utama yang diberikan kepada publik (umum).  
2. Akuntansi Perpajakan 
    Adalah jasa akuntan publik yang banyak dibutuhkan masyarakat. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian jasa ini adalah untuk memenuhi peraturan perpajakan yang berlaku dan menekan pajak seminimum mungkin. Jadi guys, Kalo kita udah kerja kita wajib dipotong pajak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku tapi pajak yang dipotong seminim mungkin dari gaji kita.. getooo...
3. Akuntansi manajemen 
    Adalah pemberian jasa yang meliputi aspek yang luas. Biasanya jasa ini diberikan bersamaan dengan pemeriksaan akuntan. 

Next On..
Akuntansi Intern , bidang - bidangnya ada 5 yaitu :
1. Akuntansi umum ( Pembuatan laporan keuangan)
2. Akuntansi Biaya 
3. Penganggaran
4. Perancangan Sistem akuntansi
5. Pemeriksaan Intern


Siapa aja yang butuhin dan guna'in akuntansi ?
1. Manajer
2. Investor ( Sang penanam modal kalo lo gak tau .. hehhe )
3. Kreditur ( Orang yang memebrikan kredit kepada calon penerima kredit)
4. Instansi pemerintah
5. Organisasi Nirlaba.
6. Dan pemakai lainnya
.
Dalam membuat akuntansi kita harus menggunakan dan kudu wajib inget ama yang namanya " PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI ".  ( Weleh.. Apa lagi tuh? )
Sini-sini gua bisikin,,, 

swthtwtshwtshhstst.. oke? oke.. ( dasar gila.. hahah)
Persamaan dasar Akuntansi adalah persamaan yang menunjukan jumlah harta yang berasal dari kreditur dan pemilik harus sama dengan jumlah kewajiban / hutang yang kita punya dan modal.
Maksudnya gini sayang.. HARTA = UTANG + MODAL 
Harta adalah : Sumber- sumber ekonomi yang dimiliki perusahaan biasanya dinyatakan dalam bentuk uang.
Utang adalah : Kewajiban yang harus dibayar perusahaan dengan uang ato jasa pada suatu saat tertentu dimasa yang akan datang.
Modal adalah : Hak milik perusahaan atas kekayaan ( aktiva / harta ) perusahaan.

Seperti di kemukaan diatas, salah satu fungsi utama akuntansi adalah menyediakan laporan - laporan periodik untuk manajemen, investor, kreditur dan pihak - pihak lain di luar perusahaan. laporan keuangan utama yang dihasilkan dari proses akuntansi adalah Laporan Neraca, Laporan Laba Rugi, dan Laporan Perubahan Modal.

  • Laporan Neraca adalah Laporan yang menggambarkan posisi keuangan berupa aktiva (harta ), kewajiban dan modal suatu organisasi pada suatu peride.
  • Laporan laba Rugi adalah Laporan yang menggambarkan hasil operasi perusahaan / menggambarkan keberhasilan atau kegagalan operasi perusahaan dalam mencapai tujuannya.
  • laporan Perubahan Modal adalah Informasi tentang perubahan modal pemilik biasanya dituangkan dalam sebuah laporan . 
Oke guys, tuh sedikit gambaran dari apa itu akuntansi, siapa yanh guna'in, dll. Moga - moga bermanfaat bagi lo yang mulanya gak tau sekarang jadi tau. Tapi kalo tetep gak tau juga yaa.. telur-telur , ulat-ulat , kepompong kupu kasian deh lo,.. kasian deh loo.. heehhe, Jk bro..

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar